Logic.
Maker : Ace
Kau dan temanmu ditahan
oleh Abu Naum didalam penjara, namun dalam sel yang berbeda. Karena Abu Naum
baik hati, ia memberikanmu kesempatan bebas jika kau dan temanmu bisa
menyelesaikan permainan dari abu. Ia lalu mengirimkan surat padamu.
“Selamat sore, Saya Abu
akan mengajakmu bermain sebuah permainan.
Besok pukul 7 pagi, kau
akan dijemput untuk kunjungan ke ruangan saya. Disana, kau akan dihadapkan pada
16 kotak peti yang diatasnya diberi lampu. Disusun 4x4 diatas meja. Lampu-lampu
itu ada yang menyala dan ada yang tidak, atau malah bisa jadi menyala/mati
semua, atau dengan pola acak, itu terserah bagaimana saya mengaturnya.
Suka-suka saya.
Salah satu dari peti
itu berisi surat yang dapat membuat kalian berdua keluar dari penjara. Dan
posisi kotak itu akan kuberi tahu saat kau berada di ruanganku.
Setelah kau mengetahui
posisi kotak itu, kau boleh mengubah lampu dari salah satu peti, terserah kau
memilih peti yang mana. Jika menyala, berarti kau matikan. Jika mati, berarti
kau nyalakan. Ingat! Satu saja, tidak lebih, atau kau akan mati di tempat.
Setelah kau mengubah
lampu dari salah satu peti, kau akan keluar dari ruanganku dan kembali ke sel
mu. Setelah itu temanmu akan dijemput keruanganku. Tugasnya sederhana, ia harus
menebak kotak mana yang berisi surat pembebasan. Kalau ia bisa menebak, kalian
berdua akan keluar. Namun jika tidak, masa tahanan kalian akan bertambah dua
kali lipat dari yang seharusnya.
Jika kau menerima
permainan ini, silahkan katakan pada sipir penjara. Ia akan memberikanmu
kesempatan malam ini untuk mengunjungi temanmu dan menyusun strategi sampai jam
12 malam. Dan setelah itu, kau dikembalikan ke sel mu sampai permainan dimulai.
Segala bentuk
kecurangan mendapatkan konsekuensi yang sederhana : mati di tempat.”
Strategi apa yang kau
siapkan untuk meloloskan diri?
Note : Penyelesaian
kasus ini murni logika. Bukan mengandung unsur curang, gotcha, jebakan, atau
trik. Jadi, jawaban seperti "Bunuh saja Abu Naumnya", atau
"Pura-pura kesetrum saat menyentuh saklar" akan saya abaikan. Kirim jawaban Anda di kolom komentar dan cocokan dengan FC Asli nya, Terima Kasih
FINAL CONCLUSION VERSI
ABDULLAH YANG GANTENG SUPER KEREN DISAYANGI OLEH CEWEK YANG SOLIHA :=
LETS BEGIN, GUYS.
LETS BEGIN, GUYS.
Pertama, kita
tandai nomer begini pada tiap posisi kotak :
# A B C D
E |0 1 2 3
F |4 5 6 7
G|8 9 10 11
H|12 13 14 15
Kita boleh solving problemnya menggunakan nomer biner (biner 4 bit, karena jumlah kotak semua 16) :
0000 = mewakili kotak 0
0001 = mewakili kotak 1
0010 = mewakili kotak 2
.
.
.
1111 = mewakili kotak 15
Sekarang para prisoner akan menghapal pola begini :
Karena ada 4 bit biner aja, maka prisoner itu hanya butuh 4 kombinasi unik,
(Bit ke-1 biner) {B + D}
- x - x
- x - x
- x - x
- x - x
(Bit ke-2 biner) {C + D}
- - x x
- - x x
- - x x
- - x x
(Bit ke-3 biner) {F + H}
- - - -
xxxx
- - - -
xxxx
(Bit ke-4 biner) {G + H}
- - - -
- - - -
xxxx
xxxx
Note :
jumlah lampu hidup ganjil = 1,
jumlah lampu hidup genap = 0,
Contoh jika hasil acak lampu hidup/mati :
# A B C D
E|m h h m
F|m m m h
G|m h m m
H|m h h m
Penyelesaian :
1) jika posisi surat di 0, prisoner 1 off lampu 14, sehingga pola terhasil dari ganjil/genap lampu hidup ialah 0000, berarti posisi surat pada kotak 0.
2) jika posisi surat kotak 1, maka prisoner 1 akan on lampu 15, sehingga pola terhasil dari ganjil/genap lampu hidup ialah 0001, berarti posisi surat pada kotak 1.
3) jika posisi surat 15, maka prisoner 1 off lampu 1, sehingga pola yang terhasil ialah 1111, berarti posisi surat pada kotak 15.
Kesimpulannya, walau apapun acakan lampu hidup terhasil, kita bisa membentuk pola ganjil/genap sama seperti permainan "othello", jika tida hitam, maka putih, jika tida ganjil, maka genap.
Itu.
# A B C D
E |0 1 2 3
F |4 5 6 7
G|8 9 10 11
H|12 13 14 15
Kita boleh solving problemnya menggunakan nomer biner (biner 4 bit, karena jumlah kotak semua 16) :
0000 = mewakili kotak 0
0001 = mewakili kotak 1
0010 = mewakili kotak 2
.
.
.
1111 = mewakili kotak 15
Sekarang para prisoner akan menghapal pola begini :
Karena ada 4 bit biner aja, maka prisoner itu hanya butuh 4 kombinasi unik,
(Bit ke-1 biner) {B + D}
- x - x
- x - x
- x - x
- x - x
(Bit ke-2 biner) {C + D}
- - x x
- - x x
- - x x
- - x x
(Bit ke-3 biner) {F + H}
- - - -
xxxx
- - - -
xxxx
(Bit ke-4 biner) {G + H}
- - - -
- - - -
xxxx
xxxx
Note :
jumlah lampu hidup ganjil = 1,
jumlah lampu hidup genap = 0,
Contoh jika hasil acak lampu hidup/mati :
# A B C D
E|m h h m
F|m m m h
G|m h m m
H|m h h m
Penyelesaian :
1) jika posisi surat di 0, prisoner 1 off lampu 14, sehingga pola terhasil dari ganjil/genap lampu hidup ialah 0000, berarti posisi surat pada kotak 0.
2) jika posisi surat kotak 1, maka prisoner 1 akan on lampu 15, sehingga pola terhasil dari ganjil/genap lampu hidup ialah 0001, berarti posisi surat pada kotak 1.
3) jika posisi surat 15, maka prisoner 1 off lampu 1, sehingga pola yang terhasil ialah 1111, berarti posisi surat pada kotak 15.
Kesimpulannya, walau apapun acakan lampu hidup terhasil, kita bisa membentuk pola ganjil/genap sama seperti permainan "othello", jika tida hitam, maka putih, jika tida ganjil, maka genap.
Itu.