Riddle Logic
Maker : Ade Starfruitz
Seorang putri gabut tinggal di deretan tujuh belas
kamar yang berdampingan, masing-masing dihubungkan oleh pintu ke setiap kamar
di sebelahnya. Setiap kamar juga memiliki pintu keluar. Sang putri sebenarnya
menikmati kamarnya tetapi dia tidak pernah tinggal di kamar yang sama dua hari
berturut-turut; pada penghujung hari dia selalu berpindah dari kamar yang dia
tempati ke salah satu kamar di sebelahnya (dia memilih secara acak).
Pada tanggal 22 April,
seorang pangeran datang dari kerajaan yang jauh untuk ....... dengan sang
putri. Pengawal sang putri menjelaskan kebiasaan sang putri dan aturan yang
harus ia ikuti: Setiap hari ia dapat mengetuk satu pintu saja. Jika sang putri
ada di belakangnya, dia akan membukanya dan mengizinkan sang pangeran masuk ke
kamarnya untuk ....... dengan sang putri. Jika tidak, sang pangeran akan
mendapat kesempatan lagi keesokan harinya. Sayangnya sang pangeran harus
kembali ke kerajaannya pada 22 Mei, Bisakah sang pangeran merancang strategi
untuk memastikan dia bertemu dan .......dengan sang putri sebelum itu??
Happy Solving.
Kirim jawaban Anda di kolom komentar dan cocokan dengan FC Asli nya, Terima Kasih.
Kirim jawaban Anda di kolom komentar dan cocokan dengan FC Asli nya, Terima Kasih.
Pertama mari beri nomor kamar 1, 2, 3,
..., 17.
Strategi yang dijamin berhasil adalah:
Strategi yang dijamin berhasil adalah:
Untuk hari d = 1, 2, ..., 15, pilih
kamar (d + 1)
Untuk hari d = 16, 17, ... 30, pilih kamar (d-14)
Dengan kata lain, sang pangeran mencoba kamar-kamar dalam urutan
ini: 2, 3, 4, ..., 16, 2, 3, 4, ..., 16.
Mengapa?? Untuk menjelaskannya, kita mempertimbangkan dua kasus,
tergantung pada apakah sang putri awalnya berada di ruangan bernomor genap atau
ganjil (partisi). Kita akan berasumsi pertama bahwa sang putri berada di
ruangan bernomor genap.
Untuk setiap hari d = 1, 2, ..., 15, misalkan r (d) adalah ruangan
tempat sang putri berada. Pertimbangkan fungsi f (d) = r (d) - d - 1, untuk d =
1 , 2, ..., 15. Awalnya, sang putri adalah kamar bernomor genap, jadi r (1)>
= 2. Oleh karena itu f (1) = r (1) - 1 - 1> = 2 - 1 - 1 > = 0. Pada hari
ke 15, sang putri akan kembali berada di ruangan bernomor genap, jadi r (15)
<= 16, dan f (15) = r (15) - 15 - 1 <= 16 - 15 - 1 <= 0. Selain itu, f
(1) genap, karena kita sedang mempertimbangkan kasus dimana sang putri mulai di
kamar bernomor genap. Dan akhirnya, perubahan dalam f (d) dari satu hari ke
hari berikutnya adalah 0 atau -2, (karena ruangan berubah +1 atau -1 setiap
kali hari bertambah 1).
Jadi kita memiliki fungsi yang dimulai lebih besar dari atau sama
dengan nol, berakhir kurang dari atau sama dengan nol, selalu mengambil nilai
genap, dan selalu berubah dengan 0 atau -2. Kita menyimpulkan bahwa untuk
beberapa hari dalam interval, sebut saja D, nilai fungsinya adalah 0. Pada hari
itu, sang putri berada di ruangan r (D) = f (D) + f + D = 1 = D +1, dan sang
pangeran akan menemukannya di sana!!! 😉
Untuk kasus dimana sang putri mulai di kamar bernomor ganjil, dia
akan berada di ruangan bernomor genap pada hari ke 30. Kita hanya perlu
mengulangi argumen yang sama dengan mempertimbangkan sang putri untuk bergerak
mundur dalam waktu dari hari ke-30 ke hari 16.
Secara umum, di mana ada 2k + 1 kamar, sang pangeran selalu dapat
menemukan sang putri dalam 2 (2k - 1) percobaan.
*Untuk ilustrasinya bisa dilihat dg graph theory di bawah ini
Pink : Kamar dimana putri
kemungkinan berada
Biru : Kamar yang diketuk pangeran.
Hitam : Kamar yang secara logika putri tidak akan ditemukan saat itu.
Biru : Kamar yang diketuk pangeran.
Hitam : Kamar yang secara logika putri tidak akan ditemukan saat itu.